Rabu, 25 Januari 2017

Mengenal Antipode

Pada artikel perdana ini, kami akan mengulas mengenai Antipode. Pernah mendengar istilah ini?

Ilustrasi yang menunjukkan daerah di Bumi yang saling ber-antipode
(sumber: en.wikipedia.org)


Dalam istilah geografi, Antipode yang berasal dari Bahasa Yunani "anti" (berseberangan) dan "pous" (kaki) adalah daerah di permukaan bumi yang tepat berseberangan dengan daerah lainnya. Artinya, seandainya dari tempat kita berada kita bisa menggali Bumi ini dengan lurus tanpa berbelok sedikitpun; menembus berbagai lapisan tanah, melewati inti bumi, hingga keluar ke bagian permukaan Bumi yang lain; maka kita akan menjumpai suatu daerah yang tidak lain adalah antipode dari tempat kita berada sebelumnya.

Namun, tidak semua daratan ber-antipode dengan daratan lainnya. Faktanya, hanya sekitar 15% daratan di Bumi yang ber-antipode dengan daratan lainnya. Jadi, berhati-hatilah saat menggali (kalau memang bisa dilakukan), bisa jadi Anda keluar melalui laut dalam dan kesulitan menyelamatkan diri, hehe.

Namun, jika Anda menggali dari Indonesia, maka kemungkinan besar Anda akan keluar dari daratan kembali. Sebagian besar Sumatera, Maluku, dan Nusa Tenggara; seluruh Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi ber-antipode dengan daratan. Negara kita, Indonesia, ber-antipode dengan sebanyak 8 negara yang semuanya terletak di Amerika Selatan, yakni Ekuador, Peru, Kolombia, Venezuela, Brasil, Guyana, Suriname, dan Guyana Perancis (tanah jajahan Perancis). 

Kota-kota di Indonesia pun ada yang ber-antipode dengan kota-kota lain di dunia (tentunya yang terletak di salah satu dari 8 negara diatas), antara lain:
  1. Pekanbaru, Riau dengan Machachi di Ekuador;
  2. Palembang, Sumatera Selatan dengan Neiva di Kolombia;
  3. Padang, Sumatera Barat dengan Esmeraldas di Ekuador;
  4. Jakarta dengan Bogota di Kolombia (meleset sekitar 200 km, keduanya merupakan ibu kota negara masing-masing);
  5. Medan, Sumatera Utara dengan Guayaquil di Ekuador (meleset sekitar 220 km).
Jika Anda penasaran dengan antipode daerah Anda, silahkan buka situs https://www.antipodesmap.com/. Caranya cukup mengetikkan nama kota atau daerah Anda, kemudian klik 'Find'.

Demikian ulasan kami, semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sang Adikuasa Seumur Jagung (2)

Admin akan melanjutkan artikel sebelumnya mengenai Uni Soviet. Oh iya, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa admin menjulukinya "Sang Ad...